Bedanya Pintu UPVC dan PVC

Ini Bedanya Pintu UPVC dan PVC yang Perlu diketahui

Memperhatikan detail untuk menentukan setiap hal saat membangun rumah tentunya sangat penting. Karena rumah tidak ditinggali hanya untuk sementara, tapi untuk jangka waktu yang panjang bahkan bisa seumur hidup. Sehingga, kita harus menjadikan setiap sudut rumah menjadi nyaman dan aman untuk ditinggali. Bukan hanya untuk kita sendiri, tetapi juga untuk orang yang bertamu dan akan menginap.

Hal yang biasanya agak terlupakan dalam memperhatikan detail adalah pemilihan pintu-pintu yang akan dipasang di dalam rumah kita. Pintu pada rumah, baik itu pintu utama, pintu ruangan, sampai pintu kamar mandi, semua harus diperhatikan setiap detailnya. Tidak boleh sembarangan saat menentukan bahan yang akan digunakan untuk pintu-pintu tersebut, karena saat diletakan di tempat yang berbeda maka perawatan juga berbeda pula. Perlakuan kita terhadap pintu utama, pastinya berbeda dengan pintu kamar apalagi pintu kamar mandi.

Perbedaan Bahan UPVC dan PVC

Bedanya Pintu UPVC dan PVC

Dua bahan yang bisa dijadikan untuk pilihan kalian adalah pintu UPVC dan PVC. Pastinya setiap bahan memiliki perbedaan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. PVC adalah kependekan dari Poly Vinyl Chloride sedangkan kepanjangan dari UPVC yaitu Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Nah, berikut adalah perbedaan pintu PVC dan UPVC. Untuk bisa memilih pintu apa dan untuk diletakkan di mana, maka kalian harus mengetahui perbedaan kedua pintu tersebut. Simak ulasan berikut ya!

Pintu dengan Bahan PVC

Bahan dasar PVC berasal dari plastik yang kemudian diolah agar agak keras dan kuat. Meski begitu, PVC tidak berat dan lebih fleksibel. Karena berbahan dasar plastik, pintu ini tidak mudah berkarat. Dengan begitu, pintu bahan ini bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana karena ringan. Belum lagi, harganya juga terjangkau tergantung merk yang mengeluarkan pintu ini.

Pintu PVC biasanya digunakan untuk kamar mandi karena berbahan dasar plastik dan tidak mudah berkarat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa kamar mandi merupakan tempat paling basah dan lembab dibandingkan dengan ruangan lain di kebanyakan rumah. Sehingga, dengan menggunakan bahan PVC maka jika terciprat air tidak akan cepat berkarat. Sayangnya, ketahanan pintu ini tidak begitu baik sehingga tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini bisa terjadi jika cara penyimpanan maupun perawatan tidak baik.

Pintu dengan Bahan UPVC

Berbeda dengan PVC, pintu UPVC jauh lebih keras dan kuat dibandingkan pintu PVC. Hal ini disebabkan karena bahan dasar plastik yang sudah melalui berbagai proses kemudian akhirnya menghilangkan kandungan plastik yang ada di dalamnya. Maka itu, pintu berbahan UPVC lebih kokoh daripada PVC. Bahkan, pintu ini bisa tahan terhadap api dan warnanya tahan terhadap pergantian cuaca. Pintu ini bisa digunakan untuk pintu utama yang lebih sering terpapar sinar matahari dan terkena cuaca dingin dari luar, atau bisa juga untuk pintu-pintu di ruangan lain. Kekuatan yang dimiliki pintu ini tentu saja bisa membuat tahan sangat lama sehingga kecil kemungkinan untuk mengganti-ganti pintu. Tetapi, karena kelebihannya itu pula, harga pintu ini lebih mahal.

Nah, itu adalah perbedaan kedua pintu tersebut. Detail perbedaan kedua bahan ini harus diperhatikan agar kalian tahu pintu utama atau pintu ruang lainnya lebih baik menggunakan bahan apa. Hal penting yang perlu kalian ingat yaitu bahwa setiap ruangan akan memerlukan bahan pintu yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *