Cara Mengatasi Lantai yang Menggembung

Cara Mengatasi Lantai yang Menggembung Berdasarkan Jenis Lantainya

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi keinginan setiap manusia. Sayangnya, terkadang muncul saja permasalah-permasalah yang menghantui. Salah satu permasalahan yang muncul di rumah adalah lantai yang menggembung. Permasalahan tersebut bahkan sering muncul pada jenis lantai apa saja. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi lantai yang menggembung.

Cara Mengatasi Lantai yang Menggembung Berdasarkan Jenis Lantai

Cara Mengatasi Lantai yang Menggembung

Lantai merupakan bagian penting yang harus selalu diperhatikan. Bahkan sampai saat ini sudah hadir berbagai jenis model lantai rumah yang menjadikan rumah terlihat lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali. Pilihan tersebut antara lain parket, keramik, granit maupun vynil. Tentunya berbeda bahan, berbeda juga tingkat kekuatan dan kenyamanannya. Meskipun begitu, ketiga jenis lantai tersebut masih berpotensi mengalami permasalahan lantai menggembung. Inilah beberapa cara dalam mengatasi lantai menggembung:

Lantai keramik

Salah satubahan lantai yang sangat populer dan telah teruji adalah keramik. Keramik sangat cocok untuk dibuat bahan pelapis lantai di semua ruangan, termasuk untuk dinding. Sayangnya, keramik masih termasuk tidak tahan tekanan sehingga berpotensi untuk menggembung. Hasilnya, keramik akan terangkat dan menjadi kurang menarik lagi.

Solusi pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengangkat keramik secara perlahan di bagian yang menggembung tadi. Berhati-hatilah agar keramik tersebut tidak pecah. Pada bagian yang sudah terangkat, gali lubang dengan kedalaman 5-10 cm dan isilah lubang tersebut menggunakan kerikil kecil agar permukaan menjadi lebih rata. Tempelkan kembali keramik menggunakan semen hingga terasa kuat.

Lantai kayu (parket)

Saat ini penggunaan lantai kayu cukup menarik minat orang karena membuat rumah menjadi lebih mewah. Walaupun seperti itu diperlukan cara khusus untuk memasangnya agar bisa terpasang dengan benar. Perlu diketahui bahwa lantai kayu juga rentan terhadap kasus penggembungan.

Cara pertama dalam mengatasi penggembungan pada lantai kayu adalah dengan membuat lubang terlebih dahulu menggunakan bor pada bagian yang menggembung tepat di bagian tengah lantai kayu. Selanjutnya, angkat papan kayu tadi tadi secara perlahan. Ukurlah kedalaman dari lantai kayu tadi dengan metode khusus yaitu memasukkan paku tepat pada bagian lubang tadi. Masukkan lem kayu khusus dengan menggunakan alat suntikan, lalu isikan ke dalam lubang yang sudah dibuat tadi.

Lantai vynil

Tak jauh berbeda dengan jenis lantai lainnya, lantai vinyl juga rentan terhadap permasalahan lantai yang menggelembung. Kondisi ini sering dijumpai pada lantai yang disusun secara luas. Faktor utama yang bisa mempengaruhi penggembungan ini adalah faktor cuaca.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menusuk pada  bagian lantai yang menggembung tadi menggunakan jarum yang kecil. Ratakan lantai sampai udara di dalamnya bisa hilang. Selain itu, kamu juga bisa meratakan dengan bantuan pemanas seperti setrika. Jika penggembungan masih terjadi, coba ratakan dengan cara menimpanya menggunakan benda yang cukup berat sampai permukaan lantai tersebut bisa kembali rata.

Demikianlah artikel ringkas mengenai cara mengatasi lantai yang menggembung salah satunya pada lantai parket. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi permasalahan lantai yang menggembung. Permasalahan tersebut sebenarnya memang wajar terjadi, terutama jika teknik pemasangan lantainya cenderung kurang profesional. Apabila kamu malas menghadapi permasalahan ini, sebaiknya kamu percayakan saja kepada ahlinya agar hasil pemasangan lantai bisa lebih sempurna bila dibandingkan dikerjakan oleh sembarang orang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *