Elemen Penting Untuk Dapur

Elemen Penting Untuk Dapur Bergaya Industrial

Sebagai salah satu ruang dalam hunian yang paling sering dimasuki, dapur sudah seharusnya didesain nyaman. Kalau biasanya desain bernuansa modern atau klasik jadi pilihan, tak ada salahnya mencoba konsep industrial yang sedang populer saat ini. Desain ini memberikan kesan yang beda dari ruang dapur, namun tetap mengedepankan interior kekinian.

Konsep industrial diadopsi dari interior pabrik-pabrik di dataran eropa pada abad ke-16, dengan bahan bata, pada dinding, pintu aluminium, dan lantai semen. Detil setiap bagian ruangan dibuat menyerupai pabrik, yang lekat dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu dan warna alami.

Elemen Penting Untuk Dapur

7 Elemen Pada Dapur Industrial

Ada tujuh elemen yang harus ada saat Anda memutuskan untuk memakai konsep industrial pada bagian dapur. Baik elemen kayu, bata, pipa, besi, cahaya, semen, dan sekat minim. Aplikasikan beberapa atau semuanya di area dapur untuk menghadirkan nuansa industrial yang sempurna.

  • Kayu

Elemen kayu memberikan nuansa alam yang benar-benar asri dan nyaman. Anda bisa memakai elemen ini pada meja dapur tempat meletakkan makanan yang sudah siap dimasak. Pada konsep ruang makan yang menyatu pada dapur, elemen ini juga cocok untuk dijadikan bahan utama furniture ruang makan dan lantai.

  • Bata

Dinding bata adalah salah satu ciri dari konsep industrial, biasanya diimplementasikan pada semua atau sisi dinding utama. Ada yang terbuat dari bata merah atau bata putih, kemudian biasanya juga dipadukan dengan pintu aluminium kaca yang memberikan keterpaduan sempurna dari konsep industrial.

  • Pipa

Kalau biasanya pipa saluran air sengaja ditutup, pada konsep industrial pipa di bagian atas ruangan dibiarkan meliuk alami. Hal ini akan memberikan kesan industri sebenarnya, karena pada pabrik-pabrik yang berbahan baku pipa memang membiarkan bahan tersebut bertebaran dengan fungsinya masing-masing.

Kalau Anda mau yang beda, bisa dengan sengaja membeli pipa paralon ukuran besar sebagai ornament penting di bagian atap dapur dengan dilapisi aluminium seperti yang diterapkan pada pintu aluminium di dapur yang mengarah ke luar atau yang memisahkan dapur dengan ruangan lain.

  • Besi

Elemen ini bisa dijadikan bahan utama rangka meja dapur untuk memasak, dimana di atasnya diletakkan kompor dan perlengkapan lainnya, atau bisa juga menggunakan besi sebagai pembatas area, berupa pagar yang terdiri dari besi-besi berukuran kecil. Cobalah dan area dapur akan terlihat tertata lebih indah dengan kesan rusty.

  • Cahaya

Elemen cahaya juga sangat penting diperhatikan untuk area dapur berkonsep industrial. Biasanya menggunakan lampu yang diberi aksesoris berupa penutup seperti lampu hias berbentuk terompet. Letakkan pada area-area penting yang sering disinggahi, seperti area masak, area mencuci, area makan dan dekat pintu berbahan aluminium kaca agar lalu lintas orang terlihat jelas.

  • Sekat

Jangan terlalu banyak menggunakan sekat pada area dapur, upayakan area luas tercipta hanya dengan menempatkan meja, kursi atau ornament tambahan seperti vas bunga bergaya industrial yang terbuat dari drum yang dicat warna silver.

  • Semen

Pabrik juga biasanya identik dengan dinding yang tak tuntas dikerjakan, Anda bisa menyapukan lapisan semen pada sisi dinding untuk memberi kesan industrial yang kental. Contohnya di sisi dinding yang sama dengan letak pintu aluminium,  atau pada sisi dinding yang berseberangan dengan area memasak.

Berbagai elemen di atas sangatlah mudah untuk didapatkan dan harganya relatif tercangkau, contohnya semen, batu bata atau pintu aluminium kaca. Wajar jika konsep industrial semakin banyak dipilih, apakah Anda mau jadi salah satu yang menggunakannya juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *