Cara Membersihkan Karpet Rumah

Inilah Cara Simpel Membersihkan Karpet Rumah agar Tetap Nyaman

Saat ini banyak sekali rumah yang menggunakan karpet sebagai lapisan alas rumah. Hal tersebut karena karpet terbukti bisa memberikan nuansa hangat yang nyaman bila dibandingkan hanya menggunakan lantai saja. Selain itu, desain dari karpet saat ini sangatlah bervariasi sehingga memanjakan mata. Meskipun begitu, kamu harus menjaga kebersihan agar rumah tetap nyaman ditempati dan kesehatan lebih terjaga. Cara membersihkan karpet sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tentu lebih rumit bila dibandingkan hanya menggunakan lantai saja. Untuk itu, dalam artikel ini akan diinfokan lebih lanjut mengenai cara simpel membersihkan karpet.

Cara Simpel Membersihkan Karpet

Cara Membersihkan Karpet

Memiliki karpet tile tentu perlu perawatan yang lebih banyak bila dibandingkan hanya mengandalkan lantai saja. Hal tersebut karena karpet sangat rentan dihinggapi hewan-hewan kecil yang bisa membuat kenyamanan berkurang. Jika dibiarkan, hewan-hewan tersebut akan menyerang manusia dan peliharaan yang kamu miliki. Selain hewan yang terlihat, karpet yang kotor juga akan memberikan efek bau dan munculnya bakteri-bakteri jahat. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan membuat kenyamanan rumah menjadi berkurang.

Untuk itu, pastikan kamu membersihkan karpet dengan rutin. Untuk cara membersihkannya sendiri tidak terlalu rumit, namun memang sedikit merepotkan jika tidak tahu caranya. Inilah cara simpel membersihkan karpet rumahmu.

1. Bersihkan karpet dari debu dan kotoran kering

Tahap pertama dalam membersihkan karpet tileadalah dengan membersihkan permukaan karpet dari debu dan kotoran kering. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyapu bagian permukaan karpet menggunakan bantuan sapu lidi. Untuk beberapa bagian yang sulit terjangkau, akan lebih maksimal bila menggunakan vacum cleaner. Pastikan semua bagian sudah bersih dari kotoran kering dan bahkan hewan-hewan kecil sehingga karpet akan kembali nyaman ketika digunakan.

2. Gunakan cairan khusus

Membersihkan noda yang menempel, tentu tidak akan bisa hilang jika hanya menggunakan vacum cleaner. Untuk itu, kamu perlu menggunakan cairan khusus agar noda tersebut bisa hilang. Cairan pertama yang bisa kamu buat adalah dengan campuran perasa lemon dicampur dengan garam dan cuka. Campurkan dengan air bersih lalu semprotkan pada noda yang membandel di permukaan karpet. Gunakan lap atau sikat yang lembut untuk membantu menghilangkan noda tadi.

Jika cara tersebut kurang sukses, kamu bisa juga menggunakan soda kue yang banyak dijual dipasaran. Caranya adalah setelah larutan lemon dan cuka tadi sudah disiram ke bagian noda, taburi larutan tersebut dengan soda kue. Tunggu selama 30 menit agar campuran terebut bisa bekerja dengan efektif. Setelah cairan dirasa sudah meresap, bersihkan dengan air bersih lalu keringkan beberapa saat.

Sebenarnya di pasaran juga sudah banyak produk pembersih karpet tambahan yang sudah banyak dijual bebas. Untuk itu, cari saja yang menurutmu paling baik untuk digunakan. Jika memang beberapa cara diatas cukup merepotkan, kamu  bisa membawa karpet tersebut ke tempat laundry agar diberikan perawatan khusus. Jika kamu ingin coba cuci sendiri di rumah, pastikan bahwa cuaca sedang berada di kondisi yang menguntungkan. Sebaiknya tunda dulu jika cuaca sedang hujan karena akan mempersulit proses pengeringan karpet.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara membersihkan karpet rumah agar tetap nyaman. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam proses pembersihan karpet di rumahmu. Pastikan bahwa kamu sudah membersihkan sesuai dengan prosedur agar karpet bisa kembali bersih. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *