area yang Tepat untuk Diberi Waterproof Membrane Bakar

Jangan Salah Pengaplikasian! Inilah Area-area yang Tepat untuk Diberi Waterproof Membrane Bakar

Penggunaan waterproofing membran bakar di Indonesia mungkin belum sepopuler di luar negeri. Selain karena jarang digunakan, beberapa orang juga tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari waterproof membran bakar ini. Oleh sebab itu, tak heran bila masih banyak orang yang salah menggunakan dan memasang membran bakar ini pada arsitektur hunian mereka. Padahal, membran bakar mampu berfungsi sebagai pelindung rumah anda dari kebocoran air. Nah, agar anda tidak salah lagi dalam memahami dan menggunakan membran bakar, sebaiknya perhatikan beberapa penjelasan berikut yang bisa mempermudah anda dalam memasang waterproofing membran bakar.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memasang Waterproofing Membran Bakar

 

Memasang Waterproofing Membran Bakar

Sebelum anda melakukan pemasangan membran bakar pada rumah anda, ada beberapa hal yang mesti anda lakukan terlebih dahulu. Pertama-tama, anda harus memastikan kebutuhan anda. Apakah anda mengalami kebocoran atap, kebocoran dak, atau kebocoran lantai kamar mandi. Setelah memastikan kebutuhan anda, selanjutnya pilih bahan membran bakar yang sesuai. Ada beberapa jenis waterproofing yang lazim digunakan, misalnya seperti waterproofing sika, waterproofing coating, dan lain sebagainya. Tentunya, harga waterproofing sika dengan waterproofing coating dan yang lainnya berbeda-beda. Anda bisa sesuaikan sendiri budget-nya dengan kebutuhan anda. Baru kemudian bersihkan area yang akan anda pasangi membran ini sebelum meleburnya.

Area-area yang Cocok Dipasangi Waterproofing Membran Bakar

Tak semua area pada rumah anda bisa anda pasangi waterproofing. Sebab, ada beberapa bagian area yang memang rawan bocor, dan ada pula beberapa bagian yang tahan terhadap air. Maka dari itu, sebelum anda terlanjur salah pasang waterproof, sebaiknya anda simak beberapa area rumah yang bisa dipasangi waterproofing membran bakar berikut ini.

Atap Rumah

 

Atap Rumah

Atap adalah salah satu area rumah yang paling rawan terhadap bocor. Biasanya, kebocoran seperti ini lazim terjadi di saat-saat musim penghujan tiba. Ketika hujan memgalir deras, air akan cepat merembes ke dalam sela-sela atap. Akibatnya, atap tidak bisa menampung beban air dan akhirnya menyebabkan kebocoran. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi, anda perlu memasangi lapisan khusus anti air pada atap rumah anda. Rekomendasi paling bagus yang bisa anda coba adalah memasang lapisan waterproofing membran bakar pada atap rumah anda. Dijamin, rumah anda tidak akan kebocoran.

Kamar Mandi

 

Kamar Mandi

Area rumah selanjutnya yang rawan terhadap kebocoran adalah area kamar mandi. Seperti yang anda ketahui, area ini merupakan area yang paling basah di antara seluruh area yang ada di dalam rumah. Biasanya kebocoran sering terjadi pada area lantai kamar mandi atau bak mandi. Mengapa? Karena kedua area ini paling sering digunakan untuk menampung air atau terkena air. Oleh sebab itu, agar air tidak merembes anda bisa memasangi waterproofing membran atau waterproofing coating pada area kamar mandi anda. Untuk range budget, harga waterproofing coating sangat terjangkau. Tapi kisaran harga ini tentunya bergantung pada toko tempat anda membeli.

Balkon

 

Balkon

Terakhir adalah balkon. Bagi anda yang memiliki bangunan rumah bertingkat tentunya menjadi sebuah masalah apabila balkon rumah anda bocor. Sebab, kebocoran pada balkon bisa menyebabkan area bangunan rumah yang lain ikut terkena rembesan air juga. Apabila kebocoran ini tidak segera diatasi, ditakutkan bisa menyebabkan hal-hal yang lebih parah, misalnya keretakan pada struktur bangunan, dinding rumah menjadi lembab, dan sebagainya. Oleh sebab itu, segera pasang waterproofing membran bakar pada balkon rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *