Kelebihan dan Kekurangan GRC Board

Kelebihan dan Kekurangan GRC Board yang Perlu Anda Ketahui

Papan GRC  merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan di kalangan masyarakat karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti penutup plafon, sekat antar ruangan, dinding interior, hingga panel dekoratif.

Sesuai dengan kepanjangannya yaitu Glass Reinforced Concrete, GRC ini dikenal sebagai material bangunan modern yang terbuat dari campuran semen dan fiber kaca yang kemudian dibentuk seperti papan atau board.

Papan GRC memiliki banyak kelebihan yang sering dibandingkan dengan papan gypsum dan papan triplek, namun tetap memiliki beberapa kekurangan sehingga Anda harus mengetahuinya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Membandingkan Kelebihan dan Kekurangan GRC Board untuk Bahan Bangunan

Memilih bahan bangunan yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan agar uang yang dikeluarkan tidak melebihi budget dan rumah yang dibangun pun tidak cepat rusak. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan papan GRC jika Anda berencana menggunakannya:

Kelebihan GRC

  1. Bobot Ringan

GRC termasuk ke dalam bahan bangunan yang ringan sehingga dapat mengurangi beban pada komponen struktural konstruksi bangunan yang akan dibuat. Harga GRC terbilang ekonomis namun berkekuatan tinggi karena merupakan inovasi beton yang diperkuat serat tahan alkali.

  1. Tahan terhadap air dan api

Kelebihan lain papan GRC adalah tahan air dan tahan api. Anda tidak perlu khawatir papan akan muncul bercak atau jamur akibat rembesan air dan papan pun tidak mudah terbakar sehingga aman untuk digunakan.

  1. Anti  rayap dan anti lapuk

Tidak seperti kayu yang setelah bertahun-tahun memiliki kemungkinan habis dimakan rayap, papan GRC terbuat dari bahan yang menjadikannya anti rayap. GRC juga tidak mengalami pembusukan dan tahan terhadap cuaca buruk sehingga tidak akan lapuk dimakan usia.

  1. Bisa Digunakan Indoor maupun Outdoor

Selain digunakan sebagai penutup plafon atau langit-langit rumah, papan GRC dapat digunakan untuk hal lain yaitu sekat antar ruangan, dinding interior, atau panel dekoratif di gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Permukaannya halus dan memiliki ketebalan serta dimensi yang bervariasi sehingga cocok digunakan indoor maupun outdoor.

Kekurangan GRC

  1. Pemasangannya Cukup Sulit

Pemasangan GRC board harus dilakukan oleh profesional. Hal ini karena papan mudah retak pada saat pengomponan, kepala baut susah tenggelam karena tekstur GRC padat, serta adanya kemungkinan papan pecah atau patah jika tidak diperlakukan dengan hati-hati. Meski begitu, biaya yang dibutuhkan untuk menyewa jasa pemasangan GRC terbilang hemat dan pengerjaannya pun lebih bersih sehingga tidak mengotori lokasi proyek.

  1. Motif yang Tersedia Terbatas

Ketebalan dan dimensi papan GRC yang dijual di pasaran memang bervariasi. Namun dalam hal motif, Anda tidak bisa banyak memilih karena motif yang tersedia sangat terbatas. Bentuknya pun tidak bisa di-custom dan biasanya harus dipesan dengan jumlah tertentu yang dihitung dalam bentuk papan lembaran atau satuan.

  1. Harga Relatif Lebih Mahal dari Beton Konvensional

Harga GRC relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan beton konvensional. Namun karena kelebihan lain yang ditawarkan yang salah satunya adalah bobotnya yang lebih ringan, GRC masih banyak digunakan untuk berbagai jenis bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *