Konsep Tata Ruang Asimetris Yang Unik Untuk Hunian

Konsep Tata Ruang Asimetris Yang Unik Untuk Hunian

Selama ini manusia pada umumnya sejak lahir bahkan sampai tua pun terbiasa dikonstruk dengan pola-pola simetris seperti apa-apa haruslah rapi dan seimbang. Manusia ketika mencoba menggunakan pola-pola asimetris dianggap sebagai manusia aneh karena tidak mampu berpikir general.

Namun siapa sangka ternyata pola asimetris justru mampu membawa manusia pada suasana yang baru yang lebih hidup dan unik tentunya.

Sampai pada akhirnya pola asimetris kemudian menjadi anutan yang mulai banyak diterima, hal ini dikarenakan masyarakat perlahan mulai sadar bahwa banyak sekali ciptaan Tuhan yang sangat indah justru karena pola asimetris yang dimilikinya.

Pola asimetris selain terhadap cara menata kepada hal-hal yang pribadi kini mulai merambah ke desain tata ruang di mana salah satunya masyarakat mulai berburu membeli wallpaper di jasa jual wallpaper dinding korea yang kerap dianggap memiliki motif yang asimetris namun indah.

Konsep Tata Ruang Asimetris

Tata ruang asimetris merupakan tata ruang yang kompleks di mana dalam pengaplikasiannya perlu bekerja keras dalam mengharmonisasi warna, furnitur hingga penataan perabotan ruangan.

Tata ruang asimetris dapat menciptakan ruang yang tensi, mood hingga eskpresi ruangan. tata ruang asimetris khususnya dapat berlaku terhadap dimensi ruang maupun desain interior. Misalnya saat menempatkan furnitur, konsep asimetris harus mengedepankan jumlah-jumlah ganjil, penyusunan yang tidak imbang hingga menghadirkan bentuk yang tidak baku. Sedangkan untuk dimenasi ruang sendiri, konsep asimetris dapat diterapkan dengan menyusun ruangan di luar keumuman seperti bentuk yang tidak lagi kotak, kubus maupun balok.

Selain itu dalam menempatkan furnitur, pola simetris kerap menampilkan kesan yang seimbang di mana berat kanan sama dengan berat kiri. Misalnya seperti jumlah kursi di bagian kanan dua maka kiri pun dua disertai bentuk yang sama. Pola asimetris menentang kebiasaan itu, pola asimetris dalam menempatkan furnitur saja tidak beraturan baik dalam bentuk maupun jumlah.

Hal lain adalah mengenai warna, pola simetris sering memakai satu warna saja untuk menerapkan tema ruangan. namun berbeda dengan tata ruang asimetris yang sangat berani mengkombinasikan warna dan motif tertentu yang tidak beraturan dan tidak imbang. Biasanya sebagian ruang menggunakan wallpaper dinding korea yang memiliki motif unik dan memadukannya dengan wallpaper lain atau warna lain yang memiliki warna dan motif yang biasa saja. Untuk mengaplikasikannya, dalam mencari wallpaper dinding korea tidaklah sulit karena mudah didapatkan di mana saja dengan harga wallpaper dinding korea yang tidak terlalu menguras kantong.

Selain itu beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menerapkan konsep tata ruang asimetris adalah:

  1. Terapkanlah banyak warna untuk menciptakan kesan yang dinamis. Namun tentu saja harmonisasi warna tetap harus diperhatikan agar kesan yang didapatkan tidak acak-acakan. Harmonisasi warna dapat ditemukan hanya dengan menerapkan warna-warna yang seirama.
  2. Terapkan furnitur maupun dekorasi yang berbentu di luar kotak seperti karpet segitiga, rak bundar, kursi oval dan lain-lain.
  3. Buatlah dimensi ruang di luar kotak, seperti membuat bentuk rumah atau kamar berbentu segitiga, bulat, oval, atau kotak namun satu sisi lebih panjang dan lebih miring, dan masih banyak lagi.
  4. Terapkan konsep jumlah ganjil seperti kursi yang tidak melulu harus sepasang dengan bentuk yang sama. Cobalah untuk membeli kursi yang tidak seperangkat sehingga ketika mengaplikasikannya akan ada banyak jenis kursi dan jenis bebntuk sehingga kesan asimetris semakin kuat dan hidup dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *