Macam-macam Kabel Duct

Macam-macam Kabel Duct dari Berbagai Ukuran

Siapa yang betah melihat kabel berantakan di lantai? Pasti tidak ada seorangpun yang akan senang dengan hal tersebut bukan? Selain tidak sedap dipandang mata, kabel-kabel yang tidak beraturan juga berpotensi menimbulkan korsleting dan jenis bahaya keselamatan lainnya.

Nah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, munculah kabel duct. Jenis kabel ini didesain secara khusus dalam sebuah pipa agar dapat ditanam di bawah ataupun di permukaan lantai.

Di pasaran kamu bisa menemukan kabel ini dalam berbagai macam jenis dan model. Nah bagi kamu yang penasaran ingin tahu kira-kira terdapat jenis apa sajakah itu, mari langsung saja kita baca bersama-sama informasi lengkapnya di bawah ini!

Macam-macam Kabel Duct

Kabel duct sangat bermanfaat dalam mengelola jaringan kabel. Kabel ini bisa diaplikasikan dalam skala kecil seperti di rumah maupun dalam skala besar seperti di perusahaan dan pabrik. Secara fisik, kabel ini dipasang lengkap dengan pipa.

Jenis pipa yang biasanya digunakan yaitu jenis PVC dengan ukuran ketebalan bervariasi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan deskripsi jenis-jenis duct.

1. Tipe Duct PVC 40 x 25

Apakah kamu ingin menambah estetika ruangan dan keamanan kabel terhadap air ataupun gigitan binatang? Duct PVC 40 mm x 25 mm ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu.

Selain terbuat dari PVC andal, kabel ini juga dilengkapi dengan sebuah penutup tipe klip on. Sehingga sangat recommended untuk digunakan bagi kamu yang ingin mendapatkan ruangan dengan keamanan jaringan kabel listrik tingkat tinggi.

2. Tipe Floor Cable Tray

Seperti yang telah dijelaskan di atas, duct tidak hanya bisa dipasang di bawah tanah, namun juga di permukaan tanah. Salah satu jenis kabel yang mendukung fungsi ini yaitu duct tipe floor cable tray.

Tipe ini memiliki bentuk oval sehingga dapat meminimalisir kaki tersandung kabel. Pipa tipe kabel ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dan dilengkapi dengan double tape untuk menjaga posisi kabel tidak bergeser. Biasanya kabel ini dijual dalam panjang per 1 meter.

3. Tipe Trunking 25 x 40

Selanjutnya yaitu ada duct tipe trunking 25 x 40. Kabel ini bisa kamu dapatkan di pasaran dalam ukuran 2.9 m x 40 mm x 25 mm. Mengenai ketebalan, kabel tipe ini memiliki tebal 0.8 mm.

Dengan menggunakan kabel ini kamu akan lebih mudah menemukan dan mengidentifikasi posisi mana kabel yang sedang mengalami kerusakan atau korsleting.

4. Tipe Bentuk Trapezoid

Duct tipe terakhir yaitu jenis trapezoid. Kabel ini tidak hanya banyak digunakan untuk pemasangan kabel listrik saja, namun juga dipakai dalam pengelolaan kabel telefon.

Soal dimensi, kabel ini memiliki ketebalan 1.35 m, panjang 1 m, lebar 1.4 cm dan tinggi 2.2 cm. Dengan kabel ini fungsional ruangan akan lebih maksimal. Selain itu ruangan akan lebih terlihat bersih, rapi juga indah.

Sekian informasi mengenai jenis-jenis kabel duct yang bisa kami berikan untuk kamu sekalian. Jangan ragu untuk mengeluarkan sedikit modal demi mendapatkan ruangan nyaman, aman, bagus dipandang dengan kabel yang tertata dengan rapi dan tidak berserakan.

Segera beli dan aplikasikan jenis duct yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di rumah amupun di kantor. Ingat, pemilihan tipe yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat memilih ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *