Membuat Bandul Custom Untuk Tampilan Rapi dan Pengoperasian Vertical Blind yang Praktis

Vertical blind merupakan kerai modern yang sudah banyak digunakan untuk interior ruangan menggantikan fungsi kerai. Walaupun biasanya vertical blind lebih banyak diterapkan di perkantoran, namun saat ini vertical blind juga sudah banyak diterapkan pada hunian.

Walaupun harga vertical blind murah, namun vertical blind memiliki begitu banyak kelebihan. Tidak hanya modern dan praktis, saat ini vertical blind juga sudah tersedia dalam berbagai motif dan corak. Bahkan, ada beberapa supplier yang menyediakan vertical blind secara custom.

Anda bisa memilih sendiri model dan tipe vertical blind sesuai selera Anda. Ada juga agen vertical blind yang menerima pemesanan vertical blind custom dengan desain printing yang beragam, walaupun masih sangat jarang.

 

Pada saat Anda memesan vertical blind custom, umumnya Anda akan menerima berbagai komponen vertical blind murah yang harus Anda rakit sendiri. Mulai dari memasang head rail, sampai membuat bandul sendiri. Saat membeli vertical blind custom, Anda akan dapat memilih variasi:

  • Blind atau bilah kerai yang Anda inginkan, baik bahan, motif, tekstur warna dan lainnya.
  • Ukuran blind yang dibutuhkan atau dipesan. Dapat disesuaikan dengan panjang dan lebar jendela Anda.
  • Mekanisme. Berkaitan dengan cara kerja buka tutup vertical blind apakah sistem manual atau otomatis.
  • Jenis rantai, tali dan juga bandul untuk mengoperasikan vertical blind, baik bahan, ukuranĀ atau warnanya.

 

Ada dua jenis tali pada vertical blind, yang biasanya sudah terpasang pada head rail. Yakni tali berbulir dan tali polos.

  • Tali berbulir berfungsi untuk mengatur kemiringan bilah blind.
  • Tali polos yang harus dipasangi bandul. Berfungsi untuk buka tutup vertical blind.

Untuk memasang vertical blind custom yang Anda beli, Anda hanya memerlukan alat ukur dan obeng, serta buku instruksi untuk cara pemasangannya. Namun, sebelum mulai memasang vertical blind, maka Anda harus membuat bandul vertical blind custom untuk tali-tali yang terpasang di head rail. Bandul ini berfungsi membuat banyak tali buka tutup blind, menjadi satu tali operasional saja. Sehingga lebih praktis dan rapi.

Membuat bandul vertical blind harus dikerjakan dengan seksama, karena dapat berpengaruh pada mekanisme kerja vertical blind. Selain itu, Anda dapat memilih jenis bandul yang cantik dan menarik sesuai selera Anda untuk memperindah tampilan vertical blind.

Langkah-langkah Membuat Bandul Vertical Blind Custom

Bandul Vertical blind terdiri dari tiga bagian:

  1. Bagian atas cord condenser yang memiliki ukuran lebih besar. Biasnya terdiri dari beberapa lubang, kadang hanya satu lubang. Tergantung produsen vertical blind murah yang Anda beli.
  2. Bagian bawah cord condenser yang memiliki satu lubang
  3. cord drop atau tassel yang digunakan untuk menarik tali.

 

Cara membuat bandul vertical blind adalah sebagai berikut :

1. Gunting tali-tali buka tutup dengan panjang yang sama. Sisihkan tali yang terlepas dari head rail, dan ambil satu saja untuk operasional.

2. Masukkan satu per satu ujung tali yang masih terpasang pada bagian atas bandul cord condenser (a) Lalu ikat seluruh ujung tali dalam satu simpul. Gunting ujung tali yang keluar dari cord condenser (a).

2. Ambil satu tali penarik yang tadi kita potong, masukkan ujungnya pada lubang cord condenser (b) ikat ujungnya dengan simpul agar tidak bisa terlepas. Pasangkan bagian (a) dan (b) hingga membentuk bandul bulat.

3. Masukkan ujung tali satunya dari cord condenser (b) pada lubang bandul penarik (c), ikat simpul di ujung bandul penarik, hingga bandul terpasang dan terhubung dengan cord condenser.

4. Bandul vertical blind custom selesai dibuat dan siap digunakan.

Setelah semua bandul selesai terpasang dengan baik, maka Anda dapat menginstalasi vertical blind murah pada jendela Anda. Dan pengoperasian vertical blind menjadi lebih praktis dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *