Penggunaan Signage Toilet

Penggunaan Signage Toilet Bantu Jaga Kebersihan Toilet

Di tengah merebaknya pandemi, setiap orang harus lebih memperhatikan kesehatan. Salah satunya dengan menaruh perhatian dan menaati anjuran membersihkan diri. Tidak masalah bagi mereka yang mudah menjalankan anjuran stay home, sementara yang harus beraktifitas di luar tentu harus lebih ekstra hati-hati. Terutama saat menggunakan fasilitas publik yang tidak bisa dihindari seperti toilet umum. Selain menerapkan jaga jarak, beberapa usaha lain dapat dilakukan seperti rutin membersihkan toilet dan memberikan toilet sign di sejumlah sudut toilet umum yang mudah ditangkap pandangan.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet

Penggunaan Signage Toilet

Baik dalam area pribadi maupun area umum, toilet termasuk area vital yang harus selalu dalam keadaan bersih. Menjaga kebersihan toilet bukan untuk kepentingan orang lain, namun untuk kepentingan pribadi. Kebersihan toilet menjadi tanggung jawab setiap pihak. Meski demikian masih banyak orang yang tidak peduli dengan kebersihan toilet dan meninggalkannya dalam keadaan yang belum benar-benar bersih.

Padahal dengan menjaga kebersihan toilet, persentase seseorang terjangkit bakteri, kuman dan virus dapat diminimalisir. Selain itu, toilet yang bersih juga memberikan rasa nyaman dibandingkan rasa sungkan saat menggunakan fasilitas toilet umum. Kesadaran akan kebersihan toilet harus selalu diedukasikan. Menggunakan signage toilet dapat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran kebersihan toilet. Misalnya dengan memberikan lambang toilet pria, wanita dan penyandang disabilitas serta peringatan menyiram kloset sampai bersih, dilarang jongkok di atas kloset juga buang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Rambu Disiplin Menjaga Kebersihan Toilet Menggunakan Toilet Sign

Meski terbilang mudah, menjaga kebersihan toilet sering terabaikan. Ditambah lagi jika penggunanya terbilang banyak dan sering. Intensitas penggunaan toilet yang tinggi menyebabkan toilet selalu dalam keadaan lembab dan basah. Melakukan pola disiplin menjaga toilet sangat membantu toilet selalu dalam keadaan bersih. Dengan menggunakan signage toilet, rambu-rabu disiplin menjaga kebersihan toilet akan mudah terlihat dan dijalankan para pengguna. Selain itu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan toilet. Simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan toilet secara menyeluruh

Jika hal ini dilakukan secara rutin minimal dua minggu sekali bagi toilet pribadi dan setiap hari bagi toilet umum, dijamin toilet akan senantiasa dalam keadaan bersih dan harum.

2. Jangkau area sudut

Sering kali terlewat, sudut toilet rentan menjadi bagian yang mengalami penumpukan kotoran. Baik sisa debu, sisa busa sabun atau pun resapan air. Di tempat-tempat seperti ini jamur, bakteri dan kuman akan sangat mudah untuk tumbuh. Maka dari itu, ingat selalu untuk menjangkau area sudut toilet.

3. Kuras tempat penampungan air

Jika toilet dilengkapi dengan bak penampungan air, pastikan untuk menguras dan membersihkan bak secara rutin. Air yang bersih akan menghindari toilet dari bau tidak sedap dan mencegah tumbuhnya bibit-bibit nyamuk serta lumut.

4. Sikat kloset

Yang paling penting dalam menjaga kebersihan toilet adalah menyikat kloset. Baik mangkuk kloset bagian dalam maupun gagang kloset. Gunakan sikat pembersih kloset bersamaan dengan desinfektan untuk membunuh kuman. Anda juga dapat menggunakan cairan pewangi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

5. Gagang Pintu, Gayung, Shower Dan Tombol Flush

Menjadi objek yang sering berkontakan dengan tangan, gagang pintu toilet, gayung atau shower serta tombol flush mampu berpotensi menyimpan berbagai jenis kuman dan bakteri. Untuk itu jangan lupakan empat bagian ini setiap kali membersihkan toilet. Sediakan pula sabun cuci tangan di masing-masing bilik toilet.

6. Membuang limbah ke tempat sampah

Sering kali aktivitas di toilet menghasilkan limbah atau sampah. Misalnya bekas tissue, pembalut, kertas atau bekas puntung rokok. Dibandingkan memasukkannya ke dalam lubang kloset dan diflush, lebih baik jika toilet disediakan tempat sampah. Selain menjaga kebersihan toilet, hal ini juga membantu aliran pembuangan agar tidak tersumbat limbah. Aturan tak tertulis seperti ini kerap dilanggar pengguna toilet sebab tidak ada pengawasan. Untuk membantu menumbuhkan kesadaran, ini adalah saat yang tepat untuk memasang signage toilet di dalam bilik maupun di luar bilik toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *