Tips Memilih Cairan Pembersih untuk Lantai yang Sering Ditutup Karpet

Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan ibu rumah tangga adalah menyapu dan mengepel lantai. Untuk menjaga kebersihan, biasanya lantai rumah bisa disapu beberapa kali sehari. Namun untuk mengepel bisa dilakukan 1 hingga 2 kali sehari, tergantung kebutuhan. Ketersediaan alat mengepel dan cairan pembersih yang mudah didapat dan harganya murah membuat kegiatan mengepel menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Sesuaikan Jenis Cairan dengan Jenis Lantai

Saat ini tersedia berbagai jenis cairan pembersih lantai yang dengan mudah ditemui di toko swalayan bahkan di warung dekat rumah. Biasanya orang memilih cairan pembersih lantai karena aroma dan harganya. Semakin wangi dan awet aromanya plus murah harganya, semakin senang orang menggunakannya.

Jenis Cairan dengan Jenis Lantai

Namun sebenarnya memilih cairan pembersih lantai ada aturannya, tidak boleh asal membeli saja karena jenis lantai yang berbeda membutuhkan cairan pembersih tertentu yang sesuai dengan karakteristik lantai. Ada lebih dari 10 jenis lantai yang biasa digunakan di hunian saat ini. Mulai dari tegel, teraso, keramik, granit, marmer, kayu, batu, vinyl, dan sebagainya. Lantai-lantai tersebut memerlukan penanganan tersendiri untuk membersihkannya mulai dari jenis cairan pembersih, teknik membersihkan, hingga dosis penggunaan cairan.

Lantai Tertutup Karpet

Meskipun banyak rumah yang menggunakan karpet untuk menutupi lantai, namun mengepel lantai dengan rutin wajib dilakukan agar lantai tidak kusam, berdebu, lengket atau memutih karena tertutup karpet. Karpet biasanya digunakan selain untuk hiasan juga melapisi lantai agar tidak dingin. Karpet sangat populer karena banyak dijual di toko dengan segala motif dan ukuran. Untuk kebutuhan banyak, bisa membeli yang model roll di toko yang jual karpet roll.

jual karpet roll

Untuk membersihkan lantai terutama lantai yang biasa ditutup dengan karpet, memang perlu dilakukan dengan rutin dan dengan cara khusus agar lantai bersih sempurna. Biasakan untuk menggulung karpet dan membebaskan lantai yang tertutup karpet secara berkala agar lantai tidak kusam atau rusak. Anda bisa bertanya bagaimana cara merawat karpet dan lantai di bawahnya di toko yang jual karpet roll murah karena biasanya mereka mau memberikan saran cara perawatan karpet dan lantai agar semuanya awet.

Tips Memilih Cairan Pembersih Lantai Keramik dan Cara Mengepel yang Benar

Tips Memilih Cairan Pembersih Lantai Keramik

1. Pilih cairan pembersih yang khusus untuk keramik.

Anda bisa membaca keterangan di botol cairan pembersih untuk mengetahui jenis lantai apa saja yang bisa dibersihkan dengan cairan tersebut. Lantai keramik sendiri meskipun paling umum digunakan dan relatif mudah dibersihkan namun memiliki beberapa kekurangan jika tidak sering dibersihkan, seperti mudah meredup warna kilatnya dan kusam karena endapan kotoran.

2. Pilih yang aromanya sesuai dengan selera Anda karena aroma wangi bisa meningkatkan mood penghuninya.

Cairan pembersih lantai yang beredar saat ini biasanya selain memiliki aroma segar juga dilengkapi zat pembunuh kuman sehingga ini memudahkan Anda dalam membeli cairan pembersih all in one.

3. Perhatikan perbandingan cairan pembersih dan air.

Gunakan dengan seimbang karena jika terlalu banyak air maka aroma menjadi tidak sedap. Sedangkan kalau terlalu banyak cairan pembersih lantai jadi lengket dan licin. Untuk area yang bernoda atau berminyak, cairan pembersih bisa diperbanyak namun untuk area lainnya gunakan perbandingan seimbang. Gunakan cara zig zag diakhiri membentuk angka delapan agar hasil bersih maksimal.

Untuk membersihkan keramik, cara yang paling tepat adalah menggunakan kain pel yang memiliki daya serap tinggi dan kain yang halus agar tidak meninggalkan noda atau goresan. Untuk hasil maksimal, campur cairan pembersih dengan air hangat. Gosok bagian yang bernoda dengan kain pel terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengepel seluruh ruangan dengan kain pel yang sama atau dengan alat pel dengan tangkai untuk memudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *