Ukuran Ideal Tinggi Plafon Rumah

Ukuran Ideal Tinggi Plafon Rumah Berdasarkan Beberapa Keadaan Interior

Menggunakan plafon grc murah dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis rumah. Pembuatan plafon yang tinggi maupun yang rendah ini disesuaikan dengan keperluan. Jadi tidak semua rumah dapat mengaplikasikan ukuran tinggi plafon secara rata. Ada berbagai pertimbangan dalam menentukan tinggi sebuah plafon rumah.

Penentuan tinggi plafon disesuaikan dengan keinginan dan daerahnya. Jadi ukuran idealnya tidak selalu sama. Berikut ini beberapa ukuran tinggi plafon yang ideal untuk beberapa keadaan rumah.

Rumah Pada Daerah Dingin

Daerah dingin berarti daerah yang memiliki hawa sejuk. Daerah seperti di eropa maupun dipegunungan termasuk kedalam daerah yang dingin. Rumah-rumah pada daerah tersebut tentu memiliki ukuran yang berbeda dengan rumah pada suhu tinggi alias panas. Warga yang tinggal dikawasan dingin biasanya memiliki ukuran plafon yang tidak terlalu tinggi.

Ukuran tinggi plafon ideal untuk rumah didaerah yang dingin sekitar 2,4-2,5 m. Ukuran ini dianggap ideal karena dapat membuat suhu ruangan terasa hangat. Selain itu, plafon yang tidak terlalu tinggi juga mengakibatkan penggunaan energy tidak terlalu banyak. Rumah-rumah didaerah dingin seperti dijepang dan eropa pastinya memiliki tinggi plafon yang tidak terlalu tinggi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penghematan energy. Ketika rumah memanfaatkan alat penghangat maka alat tersebut tidak perlu bekerja terlalu ekstra. Penghangat bekerja dengan baik dan menghasilkan suhu yang optimal. Hal ini disebabkan suhu udara dalam ruangan mudah berubah dan luas ruangan juga semakin kecil.

Rumah Pada Daerah Panas

Rumah-rumah yang berada didaerah pesisir ataupun gurun biasanya memiliki ukuran tinggi plafon yang cukup tinggi. Hal ini dilakukan agar suasana rumah tetap dingin dan tidak pengap. Rumah yang memiliki tinggi plafon terlalu rendah tentu tidak dianjurkan pada rumah-rumah daerah pesisir. Hal ini bisa menyebabkan rumah terasa pengap dan sangat panas. Rumah menjadi tidak nyaman untuk ditempati.

Daerah panas biasanya mengaplikasikan ukuran plafon dengan tinggi mencapai 280 meter. Ukuran idealnya sekitar 2,8-3,2m. Semakin panas daerahnya tentu akan semakin tinggi juga jarak antara plafon dengan lantai. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu lingkungan sekitar agar dapat menentukan tinggi plafon yang sesuai.

Rumah Tingkat

Pemanfaatan plafon grc untuk sebuah rumah sangatlah bagus. Tinggi plafon rumah lantai dua tentu berbeda dengan rumah lantai satu. Umumnya rumah lantai dua memiliki tinggi plafon mencapai 7 meter. Ukuran yang terdengar sangat tinggi untuk ukuran sebuah rumah. Tetapi ukuran tinggi plafon ini terbilang ideal.

Pasalnya rumah tingkat biasanya memiliki ruang kosong. Ruang kosong dari lantai bawah hingga lantai atas. Jadi penghuni rumah dapat melihat plafon lantai dua dari lantai bawah. Ukuran plafon yang tinggi ini juga cukup memberikan kenyamanan dan keindahan pada bangunan rumah.

Dalam penentuan ukuran tinggi plafon ternyata ada rumusnya loh. Missal ukuran sebuah ruangan yang ditempati adalah 3×4 meter. Ruangan seperti ini cocok dengan tinggi plafon mencapai (3×4)/2=3,5m. Rumus ini boleh dipakai boleh juga tidak. Semua tergantung dari minat dan keinginan para pembaca sekalian.

Dari rumus yang ada maka dapat dikatakan bahwa semakin luas sebuah ruangan maka akan semakin tinggi jarak langit-langit dengan lantainya. Usahakan untuk membuat sebuah plafon yang lebih tinggi dibandingkan dengan lebar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari sebuah ruangan yang terasa seperti lorong gelap dan pengap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *