Cara Memasang Server Sound System Dalam Ruangan

Cara Memasang Server Sound System Dalam Ruangan

Sound system adalah suatu komponen yang telah dibuat menjadi satu dengan tujuan untuk memperkuat suara. Seorang kontraktor ME yang beberperan menangani sound system disebut soundmen.

Prinsip Kerja Sound System

Sound system memiliki beberapa prinsip kerja dalam penguatan suara pada sound system.

1. Menentukan sumber bunyi

Prinsip kerja utama dari sound system untuk memperkuat bunyi adalah dengan menentukan sumber bunyi, sumber bunyi ini biasanya berasal dari vokal maupun alat musik.

2. Menangkap sumber bunyi

Setelah server sound system telah berhasil menentukan sumber bunyi, prinsip selanjutnya yaitu penangkapan sumber bunyi. Hal ini bertujuan agar suara yang ditangkap mampu dirubah menjadi sumber listrik yang akan dihubungkan ke bagian memroses sinyal suara.

3. Mengolah singnal utama audio

Setelah selesai menangkap sumber bunyi, selanjutnya adalah mengelolah sinyal audio utama. Jika yang ditangkap hanya ada satu bunyi maka yang diinput hanya satu. Namun, jika suara yang ditangkap ada beberapa bunyi maka dalam hal itu diperlukan alat yang bernama mixer audio yang di dalamnya dilengkapi dengan channel.

4. Ourput Signal Transduser

Output signal transduser adalah speker yang mempunyai fungsi sebagai pengubah signal listrik yang telah dirancang menjadi kuat melalui power amplifier. Dengan begitu suara yang telah kuat akan kembali menjadi lebih kuat.

Cara Pasang Server Sound System Dalam Ruangan

Sebelum memulai pemasangan sound system, kontraktor hvac harus mempersiapkan hal – hal berikut:

  • Amplifier ( Power Amplifier)
  • Loudspeaker
  • Pendukung ( Microphon, gitar elektrik dll)
  • Kabel dan konector

Setelah kontraktor ME telah memastikan hal – hal yang dibutuhkan untuk memasang sound system dalam ruangan, maka proses penginstalan sudah dapat untuk dilakukan.

1) Perhatikan Kondisi Ruangan

Tahap pertama untuk pemasangan sound system adalah memastikan bagaimana kondisi ruangan yang akan digunakan sebagai ruang khusus server sound system. Pengecekan ruang yang akan digunakan bertujuan agar kamu dapat mengetahui seberapa besar penyerapan suara yang terjadi dalam ruangan.

2) Menentukan Letak yang Pas

Peletakan sound system dalam ruangan akan memerlukan ketelitian yang lebih, hal ini dikarenakan sound system yang berada dalam ruangan bersifat tetap atau permanen dan ini berbeda dengan sound system yang berada di luar ruangan. Untuk bisa memastikan letak penempatan sound system degan tepat maka sebaiknya penentuan letak sound system dilakukan oleh operator FOH, hal ini dilakukan agar memudahkan tugas teknisi sound system.

3)  Menginstal Sound System

Dalam penginstalan sound system terdapat beberapa tahap yaitu meliputi mixer, equalizer, crossover, powe amplifier, dan speaker.

  • Mixer

Tempat pengaturan karakter berbagai macam jenis suara pada saat pertama kali masuk.

  • Equalizer

Tempat penyempurnaan suara yang telah dilakukan oleh mixer.

  • Crossover

Crossover adalah pemisah frekuensi dari semua jenis suara yang masuk dari sebuah proses crossover.

  • Power Amplifier

Power amplifier adalab tempat yang berfungsi sebagai penggerak speaker.

  • Speaker

Speaker adalah tempat dimana seluruh jenis suara dikeluarkan dengan frekuensi yang berbeda – beda.

4) Menentukan Sweet Spot

Menentukan sweet spot tidak boleh asal – asalan, dimana jika peletakan loudspeaker tidak membentuk segitiga sama sisi maka dampaknya adalah anda tidak dapat bisa me dengarkan suara yang bagus.

5) Menentukan Keseimbangan Nada

Jarak antara loudspeker dan juga dinding tidak boleh terlalu jauh, hal ini dikarenakan jika jarak loudspeker dengan dinding terlalu jauh akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

6) Memperhatikan Jarak Speaker Dengan Pendengar

Ini adalah salah satu hal yang harus sangat diperhatikan dalam pemasangan sound system. Karena jika jarak antara speaker dengan pendengar terlalu deket maka bisa sangat dipastikan menganggu pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *