Desain Plafon Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Jadi Tambah Estetis Dengan 5 Desain Plafon Ini!

Di kawasan perkotaan, rumah minimalis semakin digemari. Dengan semakin terbatasnya lahan di wilayah kota, maka rumah minimalis pun mulai banyak bermunculan. Secara konsep, rumah minimalis adalah bangunan yang mengutamakan kesederhanaan dan memaksimalkan penggunaan luas tanah yang terbatas. Nilai efisiensi menjadi perhatian utama rumah bergaya minimalis. Meskipun desainnya sederhana dan tidak kompleks, hal itu tidak mengurangi keindahan dari rumah ini.

Dengan komponen-komponen yang tepat, rumah minimalis juga bisa terlihat indah serta mewah dalam kesederhanaan. Salah satu bagian penting pada sebuah rumah minimalis adalah plafon. Posisinya yang berada di bagian paling atas sebuah ruangan membuat plafon jarang terjangkau oleh pandangan. Padahal selain peran fungsionalnya sebagai penutup rangka atap, plafon juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi udara hingga menjaga ruangan tetap bersih dan rapi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda memilih plafon yang tidak hanya melindungi tetapi juga memperindah rumah dengan desainnya yang menarik.

Inilah 5 Desain Plafon Menarik Untuk Rumah Minimalis

Terdapat banyak bentuk plafon yang bisa Anda terapkan di hunian contohnya seperti plafon gypsum. Masing-masing desain pun dapat memberikan suasana dan nuansa yang berbeda pada ruangan. Berikut ini adalah beberapa desain plafon yang cocok untuk rumah minimalis.

1. Plafon Putih Datar

Desain Plafon Rumah Minimalis

Simpel dan klasik. Ya, desain plafon ini memang desain yang sering kali digunakan di rumah-rumah minimalis. Meskipun terkesan konvensional, plafon putih tanpa banyak aksen dan motif dapat memberikan kesan bersih dan rapi pada ruangan.  Langit-langit ini biasanya terbuat dari plafon gypsum karena mudah untuk dipasang. Tambahan kipas atau lampu pada sisi plafon dapat membuang kesan membosankan pada plafon ini.

2. Plafon Kaca Transparan

Desain Plafon Rumah Minimalis

Anda ingin bersantai sambil menatap langit dari dalam rumah? Bisa kok. Anda bisa memadukan plafon rumah dengan kaca transparan. Dengan menggunakan plafon ini, sinar matahari pun dapat menyinari rumah secara maksimal. Tidak hanya itu, di malam hari Anda juga bisa berbaring sambil menatap bintang dan bulan di langit malam. Untuk membuat plafon ini dibutuhkan kaca yang tebal dan kuat agar tidak membahayakan penghuni rumah. Bagi Anda yang menginginkan kesan modern dan stylish pada rumah minimalis, maka plafon ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Plafon Gantung

Desain Plafon Rumah Minimalis

Plafon gantung cukup sering dipakai di banyak hunian minimalis. Plafon jenis ini biasanya dipasang sebagai plafon baru di bawah plafon lama. Dengan itu, maka plafon ini bisa menyamarkan plafon lama yang sudah rusak dan menurun kualitasnya. Selain itu, plafon ini juga bisa menyembunyikan kabel-kabel listrik yang terdapat di sisi plafon. Biasanya plafon gantung terbuat dari gypsum. Penambahan plafon gantung dapat membuat ketinggian ruangan berkurang dan dapat memberikan kesan sempit. Akan tetapi, karena bentuknya yang terlihat indah juga dapat memberikan nilai artistik pada ruangan..

4. Plafon Balok Kayu

Desain Plafon Rumah Minimalis

Jika Anda menginginkan ruangan yang sederhana dengan sedikit nuansa elegan, maka harus mencoba plafon jenis ini. Menambah plafon rumah dengan balok-balok kayu dapat memberi kesan hangat dan natural. Balok kayu yang dipasang memanjang membuat plafon rumah terlihat lebih menarik. Jika Anda ingin lebih mempercantik ruangan bisa mengecat balok-balok kayu tersebut dengan warna yang diinginkan.

5. Plafon Tipe Busur

Desain Plafon Rumah Minimalis

Penggunaan plafon dengan bentuk melengkung seperti busur memang tidak umum. Akan tetapi, plafon dengan tipe busur ini bisa memberikan efek dramatis pada rumah minimalis Anda. Plafon ini cocok digunakan untuk ruangan yang berbentuk memanjang, seperti selasar. Papan gypsum yang memiliki sifat fleksibel menjadi pilihan terbaik untuk membuat lengkungan pada plafon. Dengan bentuknya yang unik, maka ruangan pun dapat terlihat lebih menonjol dan istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *